Kamis, 04 Desember 2014

Ikon Baru Gerbang Kudus Kota Kretek

Ikon Baru Gerbang Kudus Kota Kretek 



GERBANG KUDUS KOTA KRETEK, KUDUS
merupakan pintu gerbang pada saat memasuki kota Kudus, kota terkecil di jawa tengah ini membangun sebuah icon atau lambang identitas kota kudus yaitu kota kretek, bangunan ini terletak digerbang masuk yaitu perbatasan kota Kudus dengan kota Demak. bangunan ini diprediksi akan menjadi gerbang kota termegah di Indonesia bahkan di Asia Tenggaara karena proses pembangunannya yang menelan angka kurang lebih 16 miliar ini ditargetkan akan selesai dalam tujuh bulan kedepan atau hingga akhir tahun 2014.

Gerbang kota yang pembangunannya difasilitasi oleh salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yakni PT. DJARUM ini akan diberi nama Gerbang Kudus Kota Kretek dan diproyeksikan akan menjadi icon baru  Kota Kretek sebagai pengganti icon kudus yang sudah lama terkenal sebagai Kudus Kota Kretek.

Lokasi.
Bangunan ini terletak di jalan R. Agil Kusumadya atau berjarak sekitar setengah kilometer dari terminal Induk Kudusdikawasan Tanggul Angin yakni desa paling selatan di kota kudus yang berbatasan langsung dengan desa Karang Anyar yang ada dikabupaten Demak.
Bentuk Gerbang.
bentuk dari bangunan ini didesain menyerupai daun tembakau yaitu bahan utama pembuatan rokok dengan struktur penyangga
replika daun tembakau yang didesain menyerupai bunga cengkeh, sehingga ada dua replika bahan campuran rokok kretek di bangunan tersebut.
Struktur bangunan.
tinggi bangunan sekitar 12 meter dari permukaan jalan dengan lebar 21 meter yang dapat memayungi sisi kanan dan kiri ruas jalan. sedangkan replika daun termbakaunya memiliki 100 tulang berbahan dasar dari logam yang akan dibagi menjadi dua yaitu 50 tulang berada disebelah kanan 50 tulang lagi berada disebelah kiri, sedangkan untuk penyangganya dibangun tepat di median jalan.
Proses pembangunan.
pembangunan Gerbang Kudus Kota Kretek mulai dibangun sejak akhir tahun 2013 kemarin dan sekarang sudah mencapai tahap kedua yakni pengcoran pondasi sebagai dasar bangunan yang sebelum diawali dengan pembongkaran taman tanggul angin dan replika Menara Kudus yang telah amamenjadi icon untuk menyambut  para pengendara yang memasuki wilayah Kudus yang terletak di jalan Pantura yang merupakan jalan Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Mengunjungi Blog Saya... Silahkan tinggalkan kesan-kesan dikolom komentar.

Follow Me