Selasa, 28 April 2015

Cara Memotong Kuku Secara Berurut Menurut Islam Sebelum Sholat Jum'at

Cara Memotong Kuku Secara Berurut Menurut Islam Sebelum Sholat Jum'at

 

Kuku Panjang

Apa kabarnya Ihwan dan Ahwat semuanya, kali ini FatKhur Indonesia Blog dalam kategori InfoIs ingin membagikan informasi tentang cara memotong kuku dalam Islam. Mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah mengetahui tata cara memotong kuku menurut Islam, namun bagaimana yang belum tahu? Nah izinkan Saya sebagai admin Blog ini membagikan informasinya. :)

Dari sisi medis/kedokteran jika kuku jari tangan dan kaki panjang maka dibagian bawah kuku tersebut terdapat berbagai macam kuman yang bisa menggangu kesehatan kita, maka sebagai manusia yang ingin menjaga kesehatan dan terlihat bersih tentu disaat kuku panjang harus rajin memotongnya, baik itu di tangan dan kaki.

Islam sebagai agama yang cinta kebersihan tentu mengatur ummatnya agar menjaga kebersihan dirinya, Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Aisyah Radhiallahu anha: Sepuluh perkara yang termasuk fitrah (sunnah): memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, memasukkan air ke hidung, memotong kuku, membasuh sendi-sendi, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu ari-ari, bersuci dengan air (beristinja), berkata Zakaria: berkata Musab: Aku lupa yang kesepuluh kecuali berkumur.

Lalu bagaimana cara menggunting kuku yang benar menurut Islam, langsung saja seperti berikut ini. Pertama di mulai dari Menggunting kuku jari telunjuk tangan kanan, kedua jari tengah tangan kanan, ketiga jari manusi tangan kanan, keempat jari kelingking tangan kanan. Selanjutnya, kelima jari kelingking tangan kiri, keenam jari manis tangan kiri, ketujuh jari tengah tangan kiri, kelapan jari telunjuk tangan kiri, kesembilan ibu jari tangan kiri dan terakhir/kesepuluh ibu jari tangan kanan.

Sendangkan untuk bagian kaki, kuku yang lebih dahulu di gunting yaitu berawal dari jari kelingkin kaki kanan dan berakhir di kelingking kaki kiri.

 
Urutan Memotong Kuku

Urutan Memotong Kuku Dalam Islam

Urutan Memotong Kuku Dalam Islam

Kemudian, Waktu yang baik untuk memotong kuku yaitu pada hari Senin, kamis dan Jumat. Kenapa pada ketiga hari itu? Karena pada ketiga hari itu amalan-amalan Sunnah di kerjakan.

Tetapi alangka lebih baik lagi jika memotong kuku sebelum pergi Shalat Jumat, Seperti yang di jelaskan Imam asy-Syafie dan ulama-ulama asy-Syafieyah, sunah memotong kuku itu sebelum mengerjakan sembah yang Jumaat, sebagaimana disunatkan mandi, bersiwak, memakai wewangian, berpakaian rapi sebelum pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat Jumaat, (Hadis Riwayat Muslim). Wallahu alam bissawab, semoga artikel ini bermanfaat.

5 komentar:

wrold mengatakan...

nice info broo :)

Unknown mengatakan...

good info

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat om thx infonya di tunggu komen backnya atumahapaatuh.blogspot.com

Sofyx mengatakan...

buat nambah ilmu pengetahuan :)

Kopi Sahabat mengatakan...

trimakasih semua gan

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Mengunjungi Blog Saya... Silahkan tinggalkan kesan-kesan dikolom komentar.

Follow Me